Read, Technology

Manfaat belajar coding sejak dini

Belajar coding sejak dini adalah satu kegiatan belajar yang menyenangkan. Coding bukan lagi dipelajari untuk para ahli IT saja, akan tetapi sejak dini pun anak dapat untuk diajari mengenal logika-logika dalam bahasa pemrograman. Nah, sebenarnya apa itu Coding? berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Coding atau bahasa program adalah cara untuk memberikan perintah dengan mengolah kode dengan bahasa pemrograman pada komputer, gawai (gadget) untuk melakukan sesuatu. Anak-anak dapat membuat suatu game, animasi, menggerakkan robot, dan membuat suatu aplikasi sederhana. Tentunya, Coding untuk anak jauh lebih mudah dengan prinsip mengenalkan dan membiasakan anak-anak dengan software pemrograman seperti Scratch, MIT App Inventor, Photon Robot, dan lain-lain.

Perlukah anak mempelajari Coding? Tentu perlu! Agar anak tidak ketinggalan di era teknologi digital yang terus berkembang ini. Dengan menguasai Coding, masa depan anak akan lebih menjanjikan seiring perkembangan teknologi yang pesat. Berikut ini adalah manfaat belajar Coding bagi anak:

1. Computational Thinking

Melatih kemampuan berpikir anak-anak secara terstruktur dan logis. Anak dapat belajar memahami konsep algoritma sederhana dan dapat memecahkan masalah sehingga kemampuan anak berkembang.

2. Meningkatkan Kreativitas

Dalam belajar Coding, kreativitas anak pun dapat meningkat dengan baik. Dari membuat suatu animasi, memunculkan gambar, tulisan, suara dan variasi lainnya dapat mendorong anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Kemampuan berbicara, menulis, dan lainnya pun ikut terdorong dengan cara berpikir yang kreatif.

3. Problem Solving

Anak yang mempelajari Coding pasti akan menemukan suatu masalah seperti menemukan error dalam memprogramnya. Dengan itu, secara otomatis anak terlatih mencari solusi untuk memecahkan masalah dan mengetahui cara mengantisipasi masalah yang mungkin akan terjadi dengan menuliskan kode yang tepat.

4. Softskill

Penggunaan dan pembuatan suatu teknologi sudah dilatih sejak kecil sehingga softskill terus berkembang. Anak dapat menghasilkan suatu produk buatannya sendiri seperti membuat game, animasi, dan bahkan aplikasi sederhana. Kemampuan berpikir logis serta pengalaman yang telah didapat dari belajar Coding akan selalu bermanfaat walaupun bahasa pemrograman akan berbeda di waktu mendatang. Prinsip berpikir logis inilah yang akan terus terpakai, meski bahasa pemrograman akan selalu memiliki versi terbarunya.

5. Fasih Teknologi

Anak yang memiliki skill Coding tentu memiliki daya saing yang lebih bagus di era digital yang sangat kompetitif ini. Teknologi canggih yang terus berkembang dan akrab dengan kita akan lebih fasih dipahami dengan mempelajari Coding, sehingga di masa depan Coding dapat menjadi salah satu skill wajib untuk sukses dalam karir dan pekerjaan.

Banyak sekali aspek yang sangat bermanfaat dari belajar Coding bagi anak-anak ya! Dengan belajar Coding untuk anak tentunya akan menyenangkan karena sudah disesuaikan untuk usianya. Materi Coding anak lebih sederhana dan sifatnya hiburan (membuat game, animasi). Anak dapat mengikuti pembelajaran Coding yang dapat dilakukan di tempat kursus.

Mari ajak anak-anak untuk belajar Coding dengan cara menyenangkan!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.