Fashion

Jakarta Fashion Week: event fashion yang telah mendunia

Indonesia memiliki event fashion yang telah mendunia yaitu Jakarta Fashion Week atau yang sering kita dengar dengan sebutan JFW. Pada tahun 2008, JFW pertama kali digelar oleh Femina Group, dengan dukungan dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), dan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI).

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2008 hingga tahun 2011, JFW digelar di Pacific Place Jakarta. Pada tahun 2012, JFW digelar di Plaza Senayan, dan kemudian digelar di Senayan City mulai tahun 2013. Jakarta Fashion Week secara konsisten menjadi biduk bagi industri mode Indonesia. Tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, melalui berbagai program, seperti Indonesia Fashion Forward, insan kreatif Indonesia turut diajak meramaikan panggung mode negeri-negeri seberang. Didaulat sebagai pekan mode tahunan terbesar dan paling berpengaruh di Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week merupakan platform universal bagi pelaku industri mode yang ingin dikaitkan dengan desain, gaya, dan tren mode terkini.

Dengan reputasi dan pengaruh yang sudah lama terbangun, Jakarta Fashion Week berpotensi mengantarkan industri mode Indonesia untuk memasuki pasar mode dunia. Dampak dan jangkauan Jakarta Fashion Week telah diakui oleh para profesional di industri mode, seperti jurnalis, buyer, fotografer, stylist, bahkan model-model internasional yang menjadikan acara tahunan ini semakin populer. 

Kali pertama diselenggarakan, sebanyak 43 desainer Indonesia dan empat desainer asal Australia bergabung dan memamerkan karya mereka dalam Jakarta Fashion Week (JWF) 2008 serta Festival Mode Indonesia yang diadakan oleh Femia Group bersama Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Pembukaan acara secara resmi ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Gurbernur DKI Jakarta kala itu, Fauzi Wibowo.

Fashionlink

Fashionlink adalah gagasan Jakarta Fashion Week dalam menjembatani interaksi antara para desainer, pelaku industri, serta konsumen mode, baik di dalam maupun luar negeri.

Fashionlink terdiri dari Fashionlink Showroom dan Fashionlink Market, hal ini bertujuan membangun infrastruktur industri dan menjadi wadah komersil yang akan melancarkan akses para desainer maupun label lokal untuk mencapai pasar global.

Indonesia Fashion Forward

Tak hanya memfasilitasi panggung, tempat desainer memamerkan karyanya, Jakarta Fashion Week membentuk Indonesia Fashion Forward.

Indonesia Fashion Forward (IFF) menggandeng partner-partner strategis pihak pemerintahan hingga internasional agar programnya dapat berkesinambungan hingga praktik di lapangan.

Program ini guna membekali para desainer mengerti seluk-beluk mode hingga bisnis mode.

Pelatihan yang diadakan IFF selama satu tahun penuh oleh pakar-pakar mode meliputi perencanaan bisnis, branding strategy, pemasaran, penghitungan biaya prosuksi dan harga produk jadi, hingga aspek hukum.

Dalam waktu singkat, IFF berhasil membuktikan berbagai prestasi hingga taraf internasional.

Seperti kesempatan mengikuti berbagai agenda mode mancanegara.

Indonesia Fashion Forward kini telah membimbing lebih dari 40 desainer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.