Read

Target content writer

Kalau kerja jadi content writer gitu, biasanya ada target nggak sih dalam satu minggu atau satu bulannya? Lalu apa metrics yg dipakai buat ngukur keberhasilan pekerjaan content writer?

Jawaban untuk Target content writer

  • Target jumlah tulisan bisa berbeda-beda di setiap perusahaan. Di tempat saya bekerja, 4 tulisan/minggu adalah targetnya. Namun, kembali ke dinamika di minggu itu, bisa saja tulisan yang dibuat lebih banyak atau bahkan lebih sedikit daripada target yang ditentukan (tapi ini jarang sekali terjadi). Bagi saya, engagement atau keterlibatan pembaca dengan tulisan itu merupakan indikator keberhasilan terbesar. Dan seberapa banyak tulisan kita dibagikan juga meruapakan hal yang baik. Lebih jauh lagi, ketika pembaca mengubah kebiasaan atau perilakunya karena tulisan kita (yang ditunjukkan melalui data analytics) itu merupakan pencapaian terbesar, bagi saya.
  • Target tulisan mungkin beda-beda sih setiap perusahaan. Buat mengukur keberhasilannya juga beragam, tergantung goal yang ditetapkan sama perusahaan tsb. Kalau di tempat saya kerja, targetnya itu 60-80 artikel per minggu buat satu tim. Metrics nya organic traffic sih, jadi seberapa banyak traffic di konten yg organic, maksudnya bukan yg paid.
  • Target tulisan berbeda-beda di setiap perusahaan. Untuk jenis tulisan pendek seperti deskripsi produk buat katalog platform e-commerce, satu penulis bisa ditargetkan 70-90 konten per harinya. Sedangkan buat penulisan konten blog atau portal, satu minggu ditargetkan 5 tulisan. Metrics yang digunakan untuk penulisan konten katalog lebih fokus pada jumlah konten yang dihasilkan dalam sehari. Kalau menulis buat blog atau portal, tolak ukurnya adalah organic traffic. Buat saya pribadi, kalau tulisan sampai di-share lewat social media sampai berkali-kali itu jadi reward untuk diri sendiri.
  • Target seorang content writer itu variatif tergantung perusahaan. Oya, biasanya ada juga beberapa momen yang membuat seorang content writer diharuskan bekerja lebih giat untuk mencapai target yang dituju. Untuk ukuran keberhasilan penulisan konten biasanya diukur dari data analytics seperti, view, share, like, juga engagement yang dihasilkan dengan para target pembaca.
  • target mingguan dan bulanan di setiap perusahaan pasti beda, tergantung kebutuhan masing-masing. Sebelum mulai kerja, di awal kamu bisa nego atau ngobrolin lebih jauh dulu soal target yang mau dicapai, supaya tetap sesuai sama kemampuan kamu. Untuk ukuran keberhasilan content writer, bisa dilihat dari tingkat engagement and share tulisanmu. Itu indikator yang menurut aku penting, gak cuma views aja.
  • Target dan indikator penilaian tentu berbeda-beda tergantung pada perusahaan, tujuan, dan target audiens dari tulisan tersebut. Hal besar yang perlu dipahami ialah untuk memahami keinginan user dan pesan yang ingin disampaikan melalui tulisan tersebut.
  • Dalam pekerjaan saya saat ini tidak ada target tulisan, karena tidak berbasis artikel sebagai outputnya. Kalau dulu di media itu sekitar 3 artikel, 1-2 storyboard. Tergantung kebutuhan dan deadline. Metricsnya kalau di media tentu saja the overrated page views. Saya tidak terlalu setuju dengan pengukuran ini karena parameternya sangat bisa untuk “dimainkan” biar hasilnya bagus/tinggi. Sedangkan kalau di tech company yang masih harus diuji karena banyak faktor penentunya. Conversion terjadi tidak serta merta hanya berdasarkan copy yang jelas kan. Ada faktor pendukung lain, misalnya UI yang menarik, kualitas produk bagus, trik marketing yang jitu, atau bahkan timing release di saat yang tepat. Jadi parameternya banyak, dan egois rasanya untuk mengatakan kalau conversion terjadi karena salah satu faktor saja.
  • Targetnya per hari. Sehari sekitar 3-4 artikel. Kadang juga tulis berita kesehatan yang sedang jadi trending topic. Keberhasilan sebetulnya bisa dilihat dari ketepatan waktu pengerjaan, namun kadang traffic yang tinggi juga bisa jadi ukuran keberhasilan. Yang terpenting pemilihan keyword, tema, sumber yang relevan dan tepercaya (studi atau riset yang sudah ada), dan cara penulisan yang story telling atau tulisan yang enak dibaca.

Leave a Reply